Tuesday 18 June 2013

Tips untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal (rooted only)

link ini http://forum(titik)xda-developers(titik)com/showthread.php?t=1410262
Tutorial cara untuk menggunakan aplikasi ini :
Konfigurasi Directory Bind :- Install Directory Bind dari threadnya si developer disini (http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1410262) *find latest version- Pencet tombol menu, pilih Preferences, Centang > Alternate dbase mgmt- Kembali ke halaman muka app Directory Bind, Klik tombol ON di kanan bawah

Cara Bind suatu folder ke external storage :
1. Tekan tombol menu, pilih Add new entry
2. Pada kolom Enter source (data) path. Adalah kolom dimana folder fisik akan dituju / folder tujuan transfer, jadi ini diisi folder yang kita create di external storage.
3. Pada kolom Enter mount (target) path. Adalah kolom dimana folder asal dari gamedata yang akan dipindah, jadi ini diisi folder asal dari gamedata yang ada di internal storage.
4. Cara mudah untuk mengisi kolom2 tsb, bisa dengan menahan jari pada kolom tersebut sekitar 2 detik, maka akan muncul file manager untuk mempermudah kita memilih folder (pada target) atau meng-create new folder (pada data).
5. Setelah semua kolom terisi dengan benar, kita bisa memindahkan file yang ada di folder (target) kedalam folder yang kita pilih di kolom (data), dengan cara mencentang pilihan "Transfer files from target to data".
6. Syarat untuk transfer file agar berhasil, adalah pastikan folder yang dipilih di kolom (data) kosong.
7. Kemudian klik tombol Add untuk memulai proses transfer data.
8. Ketika kembali ke halaman utama app Directory Bind, lihat icon bergambar disket, jika warnanya Hijau berarti folder sukses ter-bind, jika belum user bisa klik icon itu untuk meng-enable bind.

Jika sudah selesai step2 diatas, maka file fisik sekarang sudah berada pada external storage, sedangkan jika kita browsing dari filemanager ke internal storage dimana file2 gamedata itu berasal, file2 ini akan tetap muncul karena itu merupakan mirror dari folder yang berada di external storage. Cara memastikannya, coba matikan bind dengan mengklik icon disket pada app Directory Bind, lalu setelah icon berubah menjadi warna abu2, coba browsing kembali ke folder yang berada di internal storage, pastinya folder tersebut sekarang kosong, karena bind telah di disable.

Jika sudah mengerti cara diatas, maka user bisa mem-bind gamedata satu-persatu judul game/aplikasi.
 *yang masih bingung data dan target:- Data isinya berawalan : /mnt/extSdCard/(folder atau subfolder yg ingin di bind)- Target isinya berawalan : /sdcard/(folder atau subfolder yg ingin di bind)

No comments:

Post a Comment